Sun. Apr 21st, 2024

Dewas Dorong Peremajaan Pipa

Print Friendly, PDF & Email

Balikpapan – Kebocoran pipa PDAM masih menjadi kendala distribusi air kepada warga. Menanggapi itu, dewan pengawas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PDAM), Adi Supriadi, akan melakukan pembahasan bersama dengan manajemen. “Itu juga yang sering kita bahas, kita minta informasi apa kendala, tentunya ini ke tekhnis kami dengan PDAM,” katanya.

Adi telah meminta PDAM agar bisa mengatasi pipa yang kerap bocor. Karena akan mengganggu pelayanan air bersih ke warga. “Kita cari solusi bareng-bareng suapaya ini bisa kita atasi bersama tanpa menimbulkan masalah khususnya pelanggan PDAM,”tuturnya.

Menurut Adi, memang harus ada peremajaan pipa PDAM karena usianya sudah sangat tua. “Kalau pipanya sudah tua kita ganti, wajib diganti dan memang harus ada peremajaan pipa PDAM kita yang sudah puluhan tahun, layak untuk diganti,” ucapnya.

Namun Adi meminta manajemen PDAM untuk menghitung biaya yang harus dikeluarkan jika harus melakukan peremajaan pipa. Karena biaya untuk peremajaan pipa membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Tentu itu membutuhkan biaya, makanya dalam hal ini kan PDAM itu perusahaan harus menghitung cost nya berapa yang keluar, income-nya berapa? Sepanjang incomenya ada dan bisa menutupi dari situ ya kita harus investasi ke infrastruktur,” tuturnya.

Adi mengakui selama ini kerap mendengar keluhan masyarakat terkait pelayanan PDAM dan masih mencari solusi bersama. “Makanya saya kroscek dengan PDAM, apa kendalanya makanya kami turun. Selama ini kan banyak dikeluhkan warga infrastruktur bocor terus itu pipa,” tandasnya. (mna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *