Mon. Oct 2nd, 2023

PDAM Jamin Kelancaran Air Saat Ramadan

Balikpapan – Perumda Titra Manuntung Kota Balikpapan (PDAM) menjamin keamanan pasokan distribusi air bersih ke pelanggan. Hal ini sebagai upaya perusahaan operator air bersih ini memenuhi kebutuhan air warga muslim yang sedang berada di bulan Ramadan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mengatakan ada beberapa persiapan yang sudah dilakukan. Yakni menyiagakan sejumlah petugas untuk memonitor setiap gangguan yang terjadi seperti kebocoran atau atau air tidak mengalir. Termasuk melakukan perbaikan kualitas air yang masih kerap menurun.

“Para petugas ini selalu stand by untuk memonitor, kalau ada kebocoran atau yang tidak mengalir pasti teman-teman langsung bergerak,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (23/03).

Agus menjelaskan, pihaknya sudah berupaya memberikan layanan distribusi air bersih ke pelanggan. Namun tetap dengan menyesuaikan kekuatan produksi air yang tersedia. Mengingat sumber air baku utama di kota minyak masih bertumpu pada Waduk Manggar.

“Kami pastikan aman distribusi air bersih selama Ramadan hingga lebaran. Karena saat-saat seperti ini masyarakat sangat butuh. Produksi tetap dioptimalkan. Lalu ada kegiatan rekayasa jaringan distribusi juga,” jelasnya.

Meski begitu, Agus juga mengakui masih ada beberapa kawasan yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Seperti wilayah Balikpapan Barat sebagian ada Gunung Bugis, kemudian di daerah Balikpapan Utara di kawasan Perumnas dan Gunung Polisi.

“Itu merupakan daerah rawan yang selalu kami monitor. Tapi kami juga menyiapkan tangki yang selalu standby setiap saat,” tambahnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *